Fotografi Produk Tingkatkan Penjualan Bisnis Daring

Fotografi Produk Tingkatkan Penjualan Bisnis Daring

Fotografi produk merupakan teknik untuk mengambil sebuah produk dengan tujuan menjelaskan bentuk,fungsi,dan informasi lainnya dari produk tersebut

Satu gambar bisa berarti sejuta makna, menjadi sesuatu yang tepat untuk menggambarkan target yang diinginkan. Begitu juga dengan informasi produk yang dipasarkan melalui marketplace

Berbelanja secara daring memberikan pengalaman dan kemudahan tersendiri baik bagi pelaku usaha maupun bagi konsumen yang bertransaksi. Kanal kanal seperti website, media social dan marketplace menjadi ajang informasi bagi pelaku usaha yang akan memasarkan produknya, dan informasi yang disampaikan memegang peranan yang penting. Salah satu foto yang berkontribusi dalam penyampaian informasi tersebut adalah foto produk.

Bisa kita bayangkan apabila kita sebagai konsumeningin berbelanja daring pada sebuah market place, tentu akan mencari informasi sebanyak - banyaknya mengenai produk yang akan kita cari sebelum memutuskan untuk membelinya. Salah satu informasi yang dicari adalah foto produk.

Kenapa konsumen mencari foto produk? Hal ini dikarenakan tidak adanya display atau sample produk yang layaknya berbelanja secara luring dengan mendatangi toko fisik.

Survey Weebly menyatakan bahwa 75% orang yang bekerja secara daring menyatakan bahwa foto produk mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli suatu produk. Sementara riset serupa dari ViSenze menyatakan bhwa 62 persen konsumen milenial dan gen-z lebih menyukai pencarian produk berdasarkan foto/gambar dibandingkan dengan teks.

 

Manfaat fotografi produk

  1. Meningkatkan kepercayaan calon konsumen

    Foto produk yang diambil dengan teknik fotografi yang baik dan menarik akan menimbulkan kesan bahwa usaha dikelola secara professional. Dengan begitu akan menimbulkan rasa kepercayaan pada calon konsumen bahwa produk juga di buat secara professional dan berkualitas baik

  1. Meningkatkan nilai jual

Foto yang baik dan menarik dapat mendorong konsumen untuk melakukan transaksi. Produk yang sederhana dapat bernilai tinggi. Oleh karenanya foto produk yang baik dan menarik akan menjadi daya tarik dan mendorong konsumen untuk membeli produk trsebut.

  1. Membangun branding bisnis

Sebuah usaha yang menerapkan fotografi produk dengan baik akan memiliki ciri khas tersendiri pada setiap produknya. Ciri khas ini akan membantu calan konsumen dalam mengenali brand usaha, terlebih lagi jika reputasi usaha terkenal baik. Misalnya ketika melihat iklan, konsumen akan langsung tahu brand dari produk yang diiklankan berdasarkan ciri khas foto produknya. Semakin dikenal suatu brand usaha semakin banyak calon konsumen yang terjaring dan akhirnya menjadi pelanggan tetap.

  1. Membantu upaya pemasaran

Foto produk sebagai konten visual sangat berpengaruh dalam media pemasaran daring. Konten visual yang menarik bagi pengunjung akan meningkatkan engagement, baik berupa likes, komentar, save ataupun dibagikan pada orang orang lain melalui share .

Engagement yang tinggi pada media pemasaran digital bermanfaat dalam membangun brand awwarness dan juga konversi menjadi penjualan. Barang barang yang tadinya hanya dimasukkan ke dalam wishlist atau keranjang, akhirnya akan di- chek out oleh konsumen

 

Tip dan trik fotografi bagi pelau usaha

Idealnya pelaku usaha dapat menggunakan jasa fotografer professional untuk memberikan foto produk dengan kualitas terbaik. Namun hal itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ada banyak tips dan trik ilmu fotografi yang bisa diakses cuma-cuma di internet untuk didalami dan diaplikasikan. Berikut ini adalah beberapa tips umum yang dapat diterapkan oleh pelaku usaha :

  1. Konsep

Pertama tama kita harus menyiapkan konsep yang kita inginkan, konsep dibutuhkan untuk menentukan arah fotografi produk yang kita inginkan, dan jika dilakukan dengan konsisten akan memperkuat identitas/ branding produk

  1. Peralatan yang memadai

Peralatan fotografi yang memadai seperti kamera DSLR, reflector,tripod dan lain lain. Selain peralatan fotografi alat alat pendukung set atau latar juga dipersiapkan.

Jika tidak memiliki peralatan yang mendukung, pelaku usaha dapat mengatasi dengan kreativitas menggunakan alat alat sehari hari yang ada. Misalnya dengan menggunakan selang untuk mengimitasi suasana hujan, jadi tidak harus menunggu saat hujan.

  1. Komposisi

Komposisi foto merupakan factor penting untuk membuat foto produk yang menarik. Misal pencahayaan, sudut pengambilan gambar, lokasi, mood warna, latar belakang, susunan produk dan lain lain perlu diperhatikan untik menciptakan foto produk yang menarik dan terkesan professional.

  1. Eksperimen

Jangan takut untuk mencoba hal baru, baik style fotografi, teknik,lokasi, konsep dan hal lainnya. Eksperimen akan membantu kita untuk mengasah kemampuan dan menetukan gaya fotografi yang pas untuk produk dan usaha kita.

  1. Jumlah foto

Ketika mengambil foto produk, potretlah sebanyak banyaknya dengan berbagai variasi, baik sudut,lokasi,dan lainnya. Hal ini diperlukan untuk memberikan kita berbagai pilihan alternative sebelum menetukan foto dengan hasil terbaik utnuk di publikasikan.Pengambilan foto yang banyak juga akan menghemat waktu dan biaya karena dapat mengurangi keperluan untuk melakukan pemotretan ulang.

  1. Penyuntingan dan pengunggahan

Penyuntingan (editing) diperlukan untuk penyempuraan hasil foto yang telah di potret. Ada banyak hal yang harus diperhitungkan, misalnya di media daring mana foto akan diunggah dan dengan fitur apa. Setiap media daring punya karakteristik dan persyaratan tersendiri untuk pengunggahan. Misalnya dari dimensi otomatis, jumlah foto dan file size.

 

Jenis jenis fotografi produk

  1. Ghost Mannequin

Terlihat foto pakaian namun tidak terlihat subyek

  1. Fashion fotografi

Foto pakaian dengan memperlihatkan model yang menggunakan pakaian

  1. Plain background

Menyajikan produk dengan tampilan background polos utk menunjukkan produk secara rapi dan bersih

  1. Life style fotografi

Bagaimana produk digunakan dalam kehidupan sehari hari

  1. Scale shot

Teknik fotografi yang menunjukkan perbandingan ukuran produk dengan benda lain

  1. Detailed shot

Teknik fotografi yang menunjukkan sesuatu produk yang detail

Penerapan fotografi produk pada media pemasaran daring tidak hanya membantu pelaku usaha untuk menjaring calon konsumen, namun juga membantu para konsumen untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Denga sedikit kreativitas, pelaku usaha tingkat kecil dan menengah pun dapat menerapkan fotografi produk tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar, sehingga menjadinya cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan di mediap pemasaran daring ( dari berbagai sumber )